PT. Indo Citra Selaras, Tbk.
PT.
Indo Citra Selaras merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam
produk perawatan kebersihan tubuh seperti shampoo, sabun mandi, sabun pencuci
wajah, pasta gigi, dan hand and body
lotion. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1979 dengan kantor
pusat di Jakarta dan fasilitas produksi di Tangerang. Pendiri PT. Indo Citra
Selaras, yaitu Tuan Hendra Sutawijaya sejak awal pendirian perusahaan mempunyai
visi menjadi salah satu perusahaan penghasil produk perawatan kebersihan tubuh
nomor satu di Indonesia. Untuk mewujudkan visi tersebut, Tuan Hendra Sutawijaya
menjabarkannya dalam misi-misi perusahaan yang selalu menekankan pada
efektivitas dan efisiensi kerja. Sejak pertama didirikan, PT. Indo Citra
Selaras selalu melakukan rekruitmen tenaga kerja sesuai kebutuhan yang selalu
disesuaikan antara latar belakang pendidikan pekerja dengan job analysis yang dibutuhkan.
Seiring dengan perkembangan perusahaan,
saat ini PT. Indo Citra Selaras telah memiliki satu lagi unit fasilitas
produksi yaitu di Gunung Putri, Bogor. Salah satu produk yang dihasilkan oleh
PT. Indo Citra Selaras adalah shampoo dengan merek sunshine yang dikhususkan bagi kaum wanita. Sejak tahun 2011, telah
dilakukan riset mendalam untuk memproduksi satu produk baru yaitu shampoo
khusus bagi wanita berjilbab. PT. Indo Citra Selaras telah melakukan riset
pasar dan menarik satu kesimpulan bahwa wanita muslim yang mengenakan jilbab
mengalami tren peningkatan yang cukup tajam, oleh karenanya kelompok calon
konsumen ini dianggap paling menguntungkan. Hal ini merupakan satu peluang
pasar baru, mengingat selama ini belum pernah ada produk shampoo khusus untuk
wanita berjilbab. Untuk memproduksi varian baru shampoo sunshine tersebut, pihak manajemen telah melakukan riset untuk
menemukan formula kimia yang tepat agar shampoo cocok digunakan untuk kondisi
rambut dan kulit kepala yang selalu lembab. Dari hasil riset yang telah
dilakukan, ditemukan satu formula baru dengan bahan baku utama adalah ganggang
laut yang terbukti mampu menjaga kesuburan rambut dan kesehatan kulit kepala.
Ganggang laut ini banyak terdapat di Indonesia bagian timur, dan
ketersediaannya telah diperhitungkan mencukupi untuk produksi. Kelebihan lain
shampoo ini adalah selain mampu menyuburkan rambut juga mencegah ketombe dan
mencegah kerontokan rambut.
Setelah riset selesai pada akhir tahun
2011, tahun berikutnya adalah persiapan produksi dan promosi. Pada akhir tahun
2012, produk shampoo sunshine khusus wanita berjilbab resmi diluncurkan ke pasar
dengan varian merek “sunshine fresh”.
Strategi pemasaran produk telah ditetapkan, yaitu sunshine fresh dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Oleh
karenanya hanya dibuat 2 ukuran produk yaitu ukuran 100 ml dan ukuran 200 ml.
Penetapan harga rendah ini ditujukan karena perusahaan ingin memperoleh pangsa
pasar yang seluas-luasnya mengingat produk semacam ini belum pernah diproduksi
oleh perusahaan lain. Pada tahap ini, penjualan produk masih sangat rendah,
karena sebagian besar masyarakan belum mengetahui adanya produk baru tersebut.
Oleh karena itu, dalam memasarkan produk tersebut, pihak manajemen menetapkan
promosi gencar melalui stasiun televisi swasta dan majalah-majalah wanita.
Selain melalui media cetak, promosi gencar juga dilakukan dengan membuka stand
promosi di beberapa mall di kota-kota besar di pulau Jawa. Hal ini dilakukan
untuk membuat masyarakat aware akan
adanya produk baru yang sangat bermanfaat. Selain itu, perusahaan juga ingin
meraih penjualan tinggi selagi pesaing belum meniru produk yang sejenis.
Pertanyaan:
Berdasarkan kasus PT. Indo Citra
Selaras, Tbk., maka analisislah:
Skor
1.
a) Berdasarkan
daur hidup produk, pada tahap apa produk shampoo sunshine fresh berada dan
jelaskan jawaban Saudara!
b) Strategi
pemasaran apa yang digunakan untuk shampoo sunshine fresh pada tahap tersebut? Jelaskan jawaban
Anda!
b) Strategi apa
yang dipilih perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) produk sunshine
fresh dan jelaskan alasan Saudara!
|
|
Selamat
Mengerjakan
Dan
Semoga
Berhasil
JAWABAN
- Shampoo sunshine fresh berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya.Alasan:
- Penjualan produk masih sangat rendah, karena sebagian besar masyarakan belum mengetahui adanya produk baru tersebut.
- Masyarakat belum banyak mengetahui adanya produk, sehingga dilakukan promosi agar masyarakat aware terhadap produk tersebut.
- Belum ada pesaing yang meniru produk yang sejenis.
- Strategi pemasaran yang ditempuh adalah strategi penetrasi mendahului (preemptive penetration strategy) yaitu strategi yang menetapkan harga rendah tetapitingkat promosinya tinggi. Alasan:
- Sunshine fresh dipasarkan dengan harga yang terjangkau, oleh karenanya hanya dibuat 2 ukuran produk yaitu ukuran 100 ml dan ukuran 200 ml.
- Pihak manajemen menetapkan promosi gencar melalui stasiun televisi swasta dan majalah-majalah wanita. Selain melalui media cetak, promosi gencar juga dilakukan dengan membuka stand promosi di beberapa mall di kota-kota besar di pulau Jawa.
- Dalam memilih pasar sasaran (target market), PT. Indo Citra Selaras menggunakan strategi concentrated marketing
- Alasan: upaya pemasaran produk sunshine fresh dipusatkan pada satu kelompok pembeli saja, yaitu kaum wanita yang mengenakan jilbab. Pihak manajemen menganalisis bahwa kaum wanita berjilbab merupakan kelompok pembeli yang paling menguntungkan karena peningkatan trend tahun-tahun terakhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar