TAHAPAN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK
- Identifikasi kebutuhan konsumen
- Menetapkan spesifikasi produk
- Penyusunan konsep
- Penyeleksian konsep
- Pengembangan konsep
- Perancangan detail
- Pengujian dan perbaikan
- Produksi
LANGKAH – LANGKAH IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN :
- Wawancara secara langsung dengan konsumen.
- Menganalisa hasil inti kebutuhan konsumen.
- Pengelompokan data kebutuhan konsumen.
- Observasi produk saingan.
- Observasi pasar yang dituju.
LANGKAH – LANGKAH MENENTUKAN SPESIFIKASI PRODUK :
- Mengumpulkan informasi kebutuhan konsumen dari hasil wawancara.
- Membuat daftar spesifikasi produk dari daftar kebutuhan konsumen.
- Menetapkan nilai dari setiap kemampuan produk dari kebutuhan konsumen.
- Membuat hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kemampuan produk.
- Mengobservasi produk saingan, kelebihan dan kekurangannya.
LANGKAH –
LANGKAH PENYUSUNAN KONSEP PRODUK :
- Memperjelas masalah.Memahami masalah dan mendekomposisikan masalah menjadi submasalah.
- Pemecah masalah eksternal.Mengumpulkan informasi dari pengguna utama, pakar, paten, literatur yang suah di publikasikan, dan produk saingan.
- Pemecah masalah internal.Menggunakan metode individu dan kelompok (tim), untuk memperoleh dan mengadaptasi ilmu dari individu dan kelompok (tim).
- Menggali konsep secara sistematis.Menggunakan pohon klasifikasi dan table kombinasi kemampuan produk.LANGKAH – LANGKAH PENYELEKSIAN KONSEP :
- Penyusunan konsep.
- Penyaringan konsepMembuat table matrik penyaringan konsep, menilai, merangking, menggabung atau memperbaiki konsep – konsep yang ada di dalam table matrik.
- Penilaian konsep.Membuat table matrik penilaian konsep, menilai, merangking, menggabung atau memperbaiki konsep – konsep yang ada di dalam table matrik.
- Pengujian konsep.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar