Rabu, Agustus 05, 2015

TAHAPAN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK


 

TAHAPAN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK

  1. Identifikasi kebutuhan konsumen
     
  2. Menetapkan spesifikasi produk
     
  3. Penyusunan konsep
     
  4. Penyeleksian konsep
     
  5. Pengembangan konsep
     
  6. Perancangan detail
     
  7. Pengujian dan perbaikan
     
  8. Produksi
     
     

LANGKAH – LANGKAH IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN :

  1. Wawancara secara langsung dengan konsumen.
     
  2. Menganalisa hasil inti kebutuhan konsumen.
     
  3. Pengelompokan data kebutuhan konsumen.
     
  4. Observasi produk saingan.
     
  5. Observasi pasar yang dituju.

 

 

LANGKAH – LANGKAH MENENTUKAN SPESIFIKASI PRODUK :

  1. Mengumpulkan informasi kebutuhan konsumen dari hasil wawancara.
     
  2. Membuat daftar spesifikasi produk dari daftar kebutuhan konsumen.
     
  3. Menetapkan nilai dari setiap kemampuan produk dari kebutuhan konsumen.
     
  4. Membuat hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kemampuan produk.
     
  5. Mengobservasi produk saingan, kelebihan dan kekurangannya.

 

LANGKAH – LANGKAH PENYUSUNAN KONSEP PRODUK :

  1. Memperjelas masalah.
    Memahami masalah dan mendekomposisikan masalah menjadi submasalah.
     
  2. Pemecah masalah eksternal.
    Mengumpulkan informasi dari pengguna utama, pakar, paten, literatur yang suah di publikasikan, dan produk saingan.
     
  3. Pemecah masalah internal.
    Menggunakan metode individu dan kelompok (tim), untuk memperoleh dan mengadaptasi ilmu dari individu dan kelompok (tim).
     
  4. Menggali konsep secara sistematis.
    Menggunakan pohon klasifikasi dan table kombinasi kemampuan produk.
     
     
     
    LANGKAH – LANGKAH PENYELEKSIAN KONSEP :

  1. Penyusunan konsep.
     
  2. Penyaringan konsep
    Membuat table matrik penyaringan konsep, menilai, merangking, menggabung atau memperbaiki konsep – konsep yang ada di dalam table matrik.
     
  3. Penilaian konsep.
    Membuat table matrik penilaian konsep, menilai, merangking, menggabung atau memperbaiki konsep – konsep yang ada di dalam table matrik.
     
  4. Pengujian konsep.

 

 

 

 

 

 

 

 


Rounded Rectangle: IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN
1. Wawancara.
2. Analisa hasil wawancara.
3. Pengelompokan data hasil wawancara.
4. Observasi pasar .
Rounded Rectangle: OBSERVASI PRODUK SAINGAN
 


                                                


 

Tidak ada komentar: